Kamis, 16 Juli 2009

Awas Penyakit BEJ !


Bagi kebanyakan orang pasti mengartikan BEJ sebagai Bursa Efek Jakarta, pusat jual beli saham dan forex Trading. Tapi di bidang psikologi
BEJ adalah singkatan dari Blame, excuse, justify ,yaitu kumpulan karakter buruk pada diri seseorang yang bisa merugikan diri sendiri, orang tua, saudara, pakdhe, budhe, engkong dan bahkan anak keturunan.Lho? untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan di bawah ini,langsung saja mari kita simak,...
Blame adalah kebiasaan buruk berupa selalu menyalahkan lingkungan, orang sekitar, negara bahkan presidennya sendiri.
Excuse yaitu kebanyakan alasan
Justify artinya menghakimi atau membenarkan.
Ketiga karakter itu berpotensi besar memperlambat kesuksesan kita untuk mencapai target yang kita tempuh dengan menyandarkan faktor kegagalan di luar diri kita.

Contohnya seperti ini, ada dua anak kuliahan yang masih ngekost, sama-sama pingin cari duit tambahan dari usaha sampingan. Usaha anak kuliahan I berkembang dengan lancar dan mampu bayar kost sendiri. Sedangkan anak kuliahan II belum mencapai keberhasilan seperti sahabatnya itu.
Anak kuliahan II merasa oke2 aja karena karakter BEJ udah mendominasi pikirannya.
Blame, dia menyalahkan modal yang kecil, produk jelek, jadwal kuliah yang padat, bahkan ortu dan engkongnya pun disalahkan karena gak mewariskan bakat wirausaha dan dia merasa terlahir dari keturunan pemalas.
Excuse, di kebanyakan alasan, "Ah ak masih muda kok, ak belum pengalaman, ak masih belum banyak belajar".
Justify, menghakimi atau membenarkan, " Terang aja dia lebih sukses dari aku, lha wong modalnya Gede, kan usahanya juga gede." Atau temannya yang sukses itu ternyata miskin, dia memantaskan juga " Terang aja dia lebih sukses dari aku, lha wong dia anak orang miskin, tentu dia biasa prihatin dan semanggat kerjanya tinggi, aku kan anak orang pas-pasan. Jadi semanggatku juga Pas-pasan, Pantes aja klo aku belum sukses." Gubraxzt deh,.....!!

Teman BEJ itu kebiasaan gak terampuni yang efektif banget bakal menghalangi kita dari kesuksesan. Parahnya jarang orang yang nyadar kalau dirinnya dah mengidap penyakit BEJ yang akut banget deh,..3x
Ini serius teman, coba deteksi diri sendiri mulai dari sekarang dan jangan biarkan penyakit ini ada dalam diri teman2,..
Sikap BEJ gak bisa dibiarin dan secepatnya di STOP!.klo nggak, kita bakal memaklumi kondisi kita yang gini-gini aja karena kita memanfaatkan diri kita yang gak pernah take action.
Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat,...

3 komentar:

narti mengatakan...

artikelnya bagus...
kirain tadi BEJ di Jkt juga, eh ternyata beda. makasih sharingnya.

@ Coy mengatakan...

kirain apa ternyata membahas tentang yang lain toh hehe...

:))

Post yang bagus ;;)

Desti mengatakan...

Waah,,,senangnya berkunjung ke blog ini..
dapat pengetahuan lagi...

Posting Komentar